RSS

Senin, 17 Desember 2012

LEMBAR KERJA SISWA “GERAK LURUS BERATURAN”

LEMBAR KERJA SISWA
“GERAK LURUS BERATURAN”
 

I.              Tujuan Percobaan       :
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. menentukan titik fokus cermin cekung
2.mengetahui sifat cermin cekung

II.           Dasar Teori  :
Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Dapat pula jenis gerak ini disebut sebagai suatu translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama. Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.
s = v \cdot t \!
dengan arti dan satuan dalam SI:
·         s = jarak tempuh (m)
·         v = kecepatan (m/s)
·         t = waktu (s)
S = X = v . t ; a = Dv/Dt = dv/dt = 0
v = DS/Dt = ds/dt = tetap
Pada umumnya GLB didasari oleh Hukum Newton I ( S F = 0 ).





Tanda D (selisih) menyatakan nilai rata-rata.
Tanda d (diferensial) menyatakan nilai sesaat.

III.           Alat dan Bahan :

1.             Ticker timer
2.             Pita ketik
3.             Power supply
4.             kereta dinamika
5.             Gunting
6.             Bidang luncur
7.             Kertas grafik
IV.            Prosedur Percobaan
1.    Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.    Rangkailah alat sepeti pada gambar berikut

Papan luncur
 
Troli/mobilan
 






3.    Masukkan ujung pita ke ticker timer.
4.    Tempelkan ujung yang lain pita tersebut pada trolly.
5.    Hubungkan ticker timer pada power supply.
6.     Lepaskan trolly sehingga meluncur ke bawah
7.    Ambil pita dan potong setiap 5titik hasil ketikan.
8.    Tempelkan hasil potongan pita pada kertas grafik.
9.    Hubungkan titik titik teratas dari tiap-tiap potongan pita.
10.                        Ukur perubahan jarak (Δs). Hitung kecepatan (v) dengan membagi perubahan jarak (Δs dengan selang waktu (Δt). informasi:  potongan mengandung 5 ketikan, sehingga waktu untuk bergerak sejauh satu potongan adalah 5 x 
11.                        Ulangi percobaan tersebut sebanyak 5 kali.
12.                         Buatlah kesimpulan percobaan, kemudian susunlah laporan hasil kegiatan.






V.               Tabel Hasil Pengamatan

Jumlah ketikan
5
5
5
5
5
Panjang potongan s (cm)





Kecepatan v=






VI.           Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..............................................................................................................


0 komentar:

Posting Komentar