LEMBAR KERJA SISWA
“GERAK LURUS BERATURAN”
I.
Tujuan Percobaan :
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa
dapat :
1. menentukan titik fokus cermin cekung
2.mengetahui
sifat cermin cekung
II.
Dasar Teori :
Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Dapat pula
jenis gerak ini disebut sebagai suatu translasi
beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama. Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana
dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang
ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.
S = X = v . t ; a = Dv/Dt = dv/dt = 0
|
v = DS/Dt = ds/dt = tetap
|
Tanda D (selisih) menyatakan nilai rata-rata.
Tanda d (diferensial) menyatakan nilai sesaat.
Tanda d (diferensial) menyatakan nilai sesaat.
III.
Alat dan Bahan :
1.
Ticker timer
2.
Pita ketik
3.
Power supply
4.
kereta dinamika
5.
Gunting
6.
Bidang luncur
7.
Kertas grafik
IV.
Prosedur Percobaan
1.
Siapkan alat dan
bahan yang diperlukan
2.
Rangkailah alat
sepeti pada gambar berikut
|
||||||
|
||||||
3.
Masukkan ujung
pita ke ticker timer.
4.
Tempelkan ujung
yang lain pita tersebut pada trolly.
5.
Hubungkan ticker
timer pada power supply.
6.
Lepaskan trolly sehingga meluncur ke bawah
7.
Ambil pita dan
potong setiap 5titik hasil ketikan.
8.
Tempelkan hasil
potongan pita pada kertas grafik.
9.
Hubungkan titik
titik teratas dari tiap-tiap potongan pita.
10.
Ukur perubahan
jarak (Δs). Hitung kecepatan (v) dengan membagi perubahan jarak (Δs dengan
selang waktu (Δt). informasi: potongan mengandung 5
ketikan, sehingga waktu untuk bergerak sejauh satu potongan adalah 5 x
11.
Ulangi percobaan
tersebut sebanyak 5 kali.
12.
Buatlah kesimpulan percobaan, kemudian
susunlah laporan hasil kegiatan.
V.
Tabel Hasil Pengamatan
Jumlah
ketikan
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
Panjang
potongan s (cm)
|
|
|
|
|
|
Kecepatan
v=
|
|
|
|
|
|
VI.
Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..............................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar